GAMBARAN PENGETAHUAN DAN UPAYA SWAMEDIKASI MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UIN SUMATERA UTARA MEDAN

  • Wahyudi Wahyudi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Swamedikasi, obat, pengetahuan, mahasiswa

Abstract

Swamedikasi merupakan upaya diri untuk menggunakan atau memperoleh obat tanpa diagnosis, resep, pengawasan ataupun konsultasi dengan dokter untuk mengobati suatu penyakit ringan tertentu. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan  pengetahuan dan upaya mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner via google form yang selanjutnya dianalisis untuk dapat  mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan swamedikasi mahasiswa FKM UIN Sumatera Utara termasuk kategori kurang baik dimana 52,7% mahasiswa belum familiar dengan istilah swamedikasi dan hanya 25,9% yang mengetahui bahwa antibiotik harus dibeli dengan resep dokter. Upaya swamedikasi mahasiswa termasuk kategori baik karena 62,5% mahasiswa melakukan upaya swamedikasi jika mengalami sakit ringan,  43,8% mengetahui aturan pakai obat dari apoteker/asisten apoteker dan 52,7% mengetahuinya dari kemasan obat. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa telah melakukan persiapan swamedikasi dengan cara menyimpan obat yang akan digunakan saat mereka sakit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan swamedikasi mahasiswa FKM UIN Sumatera Utara termasuk kategori kurang baik (36,6%) dan upaya swamedikasi termasuk kategori baik (80,36%). Obat yang paling banyak disimpan sebagai persiapan swamedikasi adalah obat penurun demam (82,1%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febrianti, W. (2019). Evaluasi Tingkat Pengetahuan Dan Rasionalitas Swamedikasi Dengan Karakteristik Masyarakat Dusun I Desa Telaga Suka Kecamatan Panai Tengah (Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia).
Hasibuan, M., & Habibi, R. (2020). Tingkat Pengetahuan Dan Tindakan Swamedikasi Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.
Indriani S, S. (2021). Tingkat Pengetahuan dan Rasionalitas Swamedikasi Masyarakat di Kelurahan Sei Harapan Kecamatan Sekupang Kota Batam.
Ilmi, T., Suprihatin, Y., & Probosiwi, N. (2021). Hubungan Karakteristik Pasien dengan Perilaku Swamedikasi Analgesik di Apotek Kabupaten Kediri, Indonesia. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 17(1), 21-34.
Simanjuntak, N. H. (2017). Perilaku Pengobatan Sendiri Masyarakat Kota Medan Tahun 2017. Nommensen Journal of Medicine, 3(1), 30-36.
R. R. Suryono, Y. A. Nurhuda, and M. Ridwan. (2019). “Analisis Perilaku Pengguna Sistem Informasi Pengetahuan Obat Buatan Untuk Kebutuhan Swamedikasi,” J. Teknoinfo, vol. 13, no. 1, pp. 1–4.
Utami, G. F. (2019). Tingkat pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi penggunaan obat antasida di RT 01 RW 07 Desa Sembung Kecamatan Karangjati Kab. Ngawi (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun).
Widayati, A. (2013). Swamedikasi di kalangan masyarakat perkotaan di kota Yogyakarta. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 2(4), 145-152.
Published
2022-10-31