Reviewer Guidelines

Reviewer sebagai salah satu user yang berperan penting dalam menjaga kualitas dan integritas suatu naskah yang masuk. Syarat menjadi seorang reviewer adalah:

  1. bertanggung jawab secara profesional 
  2. objektif
  3. ketepatan waktu dalam mereview

Selanjutnya, selama proses review, reviewer memperhatikan prinsip:

  1. Kerahasiaan: Jaga kerahasiaan proses review dan hentikan penggunaan informasi yang diperoleh selama proses review untuk keuntungan  diri sendiri atau orang lain, atau merugikan atau mendiskreditkan orang lain.
  2. Bias dan kepentingan: Reviewer harus berlaku adil, objektif dan tidak boleh rasis. Jika Anda tidak cocok dengan naskah yang ditugaskan oleh editor, sebaiknya informasikan ke editor mengenai hal tersebut agar naskah tersebut direview oleh reviewer lain yang sesuai dengan bidangnya.
  3. Kecurigaan pelanggaran etika: Jika Anda menemukan ketidakberesan sehubungan dengan penelitian dan etika publikasi, mohon untuk menginformasikan kepada editor jurnal.
  4. Pengalihan review: Jika Anda sudah mereview suatu artikel di jurnal lain dan artikel tersebut ditolak dan telah dikirim, maka Anda sebaiknya mereview kembali naskah tersebut, mungkin naskah sudah mengalami perbaikan dan Anda sudah mengetahui kekurangan naskah tersebut sebelumnya.

Komentar yang dapat diberikan, dapat berupa:

  1. Format: Ikuti petunjuk jurnal dalam memberikan komentar. Jika diperlukan format atau rubrik skor tertentu, gunakan alat yang disediakan oleh jurnal. Anda harus obyektif dan konstruktif dalam memberikan komentar, berikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka.
  2. Umpan balik yang tepat:  Anda sebaiknya memberikan rekomendasi apakah naskah tersebut diterima / direvisi / ditolak; setiap rekomendasi harus sesuai dengan komentar yang diberikan dalam ulasan. Pastikan komentar dan rekomendasi Anda kepada editor konsisten dengan laporan Anda untuk penulis.
  3. Bahasa dan gaya: gunakan bahasa dan gaya penulisan yang dapat dipahami oleh penulis dan editor.
  4. Saran untuk pekerjaan lebih lanjut: Anda harus memberikan saran jika ada sesuatu hal yang keliru atau tidak ada dalam naskah.
  5. Akuntabilitas: Jangan menyarankan penulis menyertakan kutipan karya Anda (atau rekan kerja) hanya untuk meningkatkan jumlah kutipan atau untuk meningkatkan visibilitas pekerjaan Anda atau rekan Anda; saran harus didasarkan pada alasan akademis yang valid.

Adapun tahapan-tahapan melakukan review pada akun reviewer yaitu:

  1. Login menggunakan akun reviewer.
  2. Klik judul artikel yang akan direview atau yang ditugaskan untuk direview.
  3. Berikan respon, jika bersedia mereview klik 'Will do the review', lalu kirim email kepada editor dengan cara klik tanda email disamping 'Will do the review' tersebut. Namun, jika tidak bersedia mereview klik 'Unable to do the review', lalu kirim email kepada editor dengan cara klik tanda email disamping 'Unable to do the review' tersebut.
  4. Jika bersedia melakukan review, maka reviewer harus mempedomani panduan dan template penulisan artikel. 
  5. Download artikel dengan cara klik file artikel.
  6. Berikan komentar secara online dengan cara klik tanda 'Review form', centang yang sesuai dengan artikel. Berikan komentar juga secara langsung pada file artikel.
  7. Reviewer HARUS mengupload file artikel yang sudah dikomentari langsung pada artikel tersebut dengan cara klik 'Choose File' (pilih file artikel yang sudah dikomentari), lalu klik 'Upload'.

Berikan rekomendasi kepada editor mengenai status artikel dengan cara pilih salah satu 'Recommendation', lalu klik 'Submit Review To Editor'.