"Penerapan Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa melalui Chatbot Interaktif di SMA Negeri 1 Deli Tua"
"Penerapan Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa melalui Chatbot Interaktif di SMA Negeri 1 Deli Tua"
Abstract
Kemajuan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membuka peluang baru dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan chatbot interaktif berbasis AI sebagai media pembelajaran Untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris bagi siswa SMA Negeri 1 Deli Tua, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen., di mana siswa dibagi menjadi Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen menerima perlakuan tertentu dalam pembelajaran bahasa Inggris, sementara kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan tersebut. Hasil dari kedua kelompok kemudian dibandingkan untuk menganalisis efektivitas metode yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta kuesioner untuk mengukur efektivitas chatbot dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan chatbot interaktif mengalami peningkatan signifikan dalam kelancaran, pengucapan, dan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris dibandingkan dengan siswa dalam kelompok perbandingan. Temuan ini menunjukkan bahwa chatbot berbasis AI dapat berfungsi sebagai sarana yang efektif untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris yang lebih interaktif dan disesuaikan secara personal.
References
Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching (5th ed.). Pearson Education.
Chen, X., Zou, D., Xie, H., & Wang, F. L. (2021). Application of AI Chatbots in English Language Learning: A Systematic Review. Journal of Educational Computing Research, 59(4), 731-755.
Ellis, R. (2003). Task-based Language Learning and Teaching. Oxford University Press.
Krashen, S. D. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Pergamon Press.
Lee, J. S. (2019). The Effectiveness of AI Chatbots in Enhancing English Speaking Skills. Language Learning & Technology, 23(3), 1-20.
Meyer, R. E., & Moreno, R. (2003). Nine Ways to Reduce Cognitive Load in Multimedia Learning. Educational Psychologist, 38(1), 43-52.
Nassaji, H., & Fotos, S. (2011). Teaching Grammar in Second Language Classrooms: Integrating Form-Focused Instruction in Communicative Contexts. Routledge.
Zhang, X., & Zhang, Y. (2022). AI-Powered Chatbots in Language Education: A Review and Future Directions. Computers & Education, 180, 1044