FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSU MITRA MEDIKA AMPLAS MEDAN TAHUN 2021
Abstract
Factors Associated with the Quality of Public Health Services at Mitra Medika Amplas General Hospital Medan in 2021. Thesis, Department of Public Health, Faculty of Public Health, Deli Husada Delitua Health Institute.
This study aims to analyze the relationship of tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy with the quality of health services at RSU Mitra Medika Amplas Medan. The population of this study were patients at Mitra Medika Amplas Hospital, Medan. In the sample can be 99 respondents. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The method used in this study was analyzed by Chi-Square test. The results of the research on tangible variables in the good category reached 79.3%. The reliability variable obtained 80.3%. The responsiveness variable was obtained 78.5%. Assurance variable obtained 80.5%. Empathy variable obtained 78.9%. So it can be concluded that there is a relationship between tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy variables with the quality of health services at Mitra Medika Amplas Medan General Hospital in 2021.
References
Abidin. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. JMKMI
Afnuhazi, Ridhyallah. 2015.
Komunikasi Terapeutik dalam Keperawatan Jiwa.Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Alwi, A. 2011.Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Ditinjau dari Aspek Input RumahSakit di Instalasi Rawat Inap RSU. Haji Makassar. Jurnal MKMI, Vol 7 No.1,April 2011, hal
141-149
Amalia, Afni, dkk. 2017. Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Dan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Arikunto Suharsimi, 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Armen, F., dan Azwar, V. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gosyen Publishing Pustaka Pelajar
Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Dewi, M. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan
Gadung Satriyono, D. K. (2018). Pengaruh Kepuasan Pasien Pada Kualitas Layanan Rawat Inap Terhadap Niat Discharge Against Medical Advice (DAMA) (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Pare Kabupaten Kediri). Ekonika, 3(2), 136–153.
Hastuti , dkk.2017. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Kes Mas J Fak Kesehat Masy
Herman, Sudirman & Nizmayanun. 2019. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepusan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Prev J Kesehat Masy
Hermansyah.2018. Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kualitaspelayanan Kesehatan Dengan Metode Servqual Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Aceh Timur
Irwan H, 2017. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kuantitatif, Jakarta: Heath Books.
Kandou, R., dkk. 2016. Jurnal: Faktor-Faktor Penentu Kualitas Pelayanan Kesehatan –Studi Di Puskesmas Kecamatan
Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Minahasa.
Kotler & Keller.2017. Marketing Management Edisi 14, Global Edition.Pearson Prentice Hall
Kuntoro & Istiono.2017. Kepuasaan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskemas Kretek. J Kesehat Vokasional
Kusnanto.2016. Pengantar Profesi dan Praktik Keperawatan Profesional. Penerbit Buku Kedokteran EGC
Muninjaya, A.A Gde. 2015.
Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Kedokteran EGC.
Mu’rifah , 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rsudza Banda Aceh. Idea Nursing Journal, Vol. III No. 1(ISSN: 2087- 2879).
Noor, Juliansyah. (2015). metodologi penelitian: skripsi, tesis, desertasi. jakarta:kharisma putra utama.
Notoatmodjo, S. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry.2014. “SERVQUAL: A Multiple- Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing.Vol 64 (1) pp 12-
37.
Supartiningsih, S. 2017. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit : Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal medicoeticolegal dan manajemen rumah sakit
Supranto, J.2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta
Suryawati, dkk. 2015. Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Ruah Sakit di Provinsi Jawa Tengah. Manajemen Pelayanan Kesehatan.
Syafrudin, Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : TIM. 2015.
Tarmizi, Identifikasi Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas oleh Masyarakat di Kelurahan Abeli Kota Kendari.