HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KEJADIAN ASTENOPIA PADA REMAJA DI SMP NEGERI 1 NAMORAMBE

  • Siti - Marlina Institut Kesehatan DELI HUSADA Deli Tua
  • Maria Hermita Manik Institut Kesehatan Deli Husada
  • Alfi Syahri Institut Kesehatan Deli Husada
Keywords: kecanduan game internet, asthenopia

Abstract

Kecanduan game internet adalah ketergantungan berlebihan terhadap game online yang menimbulkan keinginan untuk memainkannya terus-menerus dan berdampakk negatif pada kesehatan fisik dan mentall seseorang. Asthenia merupakan penyakit mata yang disebabkann oleh aktivitas otot mata (otot mata) yang berlebihann, terutama saat melihat benda dekat dalam waktu lama. Tujuann dari penelitian ini adalah untuk mengetahuii apakah ada hubungan antara game internet dan kerentanan generasi muda. Desain penelitian menggunakann metode penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectionall. Penelitian ini diikuti oleh delapan puluh enam siswa dengan menggunakan metodee pengambilan sampel yang menggunakan teknik non-probability sampling yang dikombinasikan dengan purposivee sampling. Penelitian ini menggunakan skala untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisiss menggunakan uji chi-square dan selanjutnya uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkann bahwa terdapat hubungan positif antara game online dengan depresi di SMP Negeri 1 Namorambe. Kesimpulan dari penelitiann ini adalah terdapat hubungan antara internett gaming dengan prevalensi burnout pada remaja SMP Negeri 1 Namorambe tahun 2023.

References

Chandra, J., & Kartadinata, E. (2018). Hubungan Antara durasi aktivitas membaca dengan astenopia pada mahasiswa. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 1(3), 185-190. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2018.v1.185-190
Fernanda, N., & Amalia, H. (2018). Hubungan akomodasi insufisiensi Dan astenopia pada remaja Di Jakarta Barat. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2018.v1.10-17
Fruit and vegetable consumption and its relation to risk of asthenopia among Chinese college students. (2018). International Journal of Ophthalmology. https://doi.org/10.18240/ijo.2018.06.21
Hurlock, E. B. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.
Irfan, I., Aswar, A., & Erviana, E. (2020). Hubungan smartphone dengan kualitas tidur remaja Di sma negeri 2 majene. Journal of Islamic Nursing, 5(2), 95. https://doi.org/10.24252/join.v5i2.15828
Jordan, C. J., & Andersen, S. L. (2017). Sensitive periods of substance abuse: Early risk for the transition to dependence. Developmental Cognitive Neuroscience, 25, 29-44. https://doi.org/10.1016/j.dcn.2016.10.004
Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology, 12(1), 77-95. https://doi.org/10.1080/15213260802669458
Musharrafieh, U., Touma Sawaya, R., El Meski, N., Saba, J., Lahoud, C., Saab, L., Haouili, M., Shatila, M., & Aidibe, Z. (2020). Asthenopia among university students: The eye of the digital generation. Journal of Family Medicine and Primary Care, 9(8), 3921. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_340_20
Ners, I. I., Paida, N., Yunding, J., & R, M. A. (2022). Hubungan jarak Dan durasi penggunaan gadget dengan kelelahan mata pada mahasiswa universitas Sulawesi barat. Jurnal Kesehatan Marendeng, 6(3), 20-32. https://doi.org/10.58554/jkm.v6i3.46
Siste, K., Hanafi, E., Sen, L. T., Christian, H., Adrian, Siswidiani, L. P., Limawan, A P., Murtani, B. J., & Suwartono, C. (2020). The impact of physical distancing and associated factors towards internet addiction among adults in Indonesia during COVID-19 pandemic: A nationwide web-based study. Frontiers in Psychiatry, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.580977
Xu, Z., Turel, O., & Yuan, Y. (2012). Online game addiction among adolescents: Motivation and prevention factors. European Journal of Information Systems, 21(3), 321-340. https://doi.org/10.1057/ejis.2011.56
Abdur Rahman Assagaf, Carmila L. Tamtelahitu, Halida Rahawarin. (2020). Hubungan Tingkat Kecanduan Bermain Game Online Dengan Tingkat Astenopia Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Pattimura Medical Review, 146-147.
Anggraini, R. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Game Online Terhadap Kejadian Astenopia Pada Pelajar Sma Kota Medan. Jurnal Ilmiah Farmasi Imelda, 8.
Jagentar Parlindungan Pane, Ice Septiani Saragih, Triyanti Lestari Saragih. (2022). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Kejadian Astenopia Pada Mahasiswa Program Studi Ners. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 947-948.
Martha Arizona, Bahtera Bin David Purba, Prettty Lestari Gultom. (2020). Hubungan Lamanya Bermain Game Online Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Siswa Sma Di Sma Negeri 1 Delitua Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Penelitian Kesmas, 44-45.
Ni Luh Putu Dewi Puspawati, Ni Kadek Muliawati. (2022). Kelelahan Mata Pada Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pademi Covid 19. Caring, 7-8.
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online Pada Remaja. Buletin Psikologi, 149-153.
Pande Putu Arista Indra Pratama, Komang Hendra Setiawan, Ketut Indra Purnomo. (2021). Asthenopia: Diagnosis,Tatalaksana, Terapi. Ganesha Medicina Journal, 99.
Rumi Tri Hastami, Arief Budiman. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja . Borneo Student Research, 1688-1689.
Sapto Irawan, Dina Siska. (2021). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusnijang, 13-14.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1-11.
Yohanes Bastian Lete, Fepyani T. Feoh, Arman R. Lette. (2022). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Interaksi Sosial Remaja Di Desa Busalangga Timur, Kecamatan Rote Barat Laut. Chm-K Applied Scientific Jornal, 9-10.
Published
2023-11-23