ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN POLIKLINIK MATA PADA INSTALASI RAWAT JALAN RSUD. dr. TENGKU MANSYUR KOTA TANJUNG BALAI
Abstract
Analysis of Factors Affecting Patient Satisfaction Eye Polyclinic Outpatient Hospital dr. Tengku Mansyur, Tanjungbalai City in 2020. Thesis, Department of Public Health, Faculty of Public Health, Deli Husada Deli Tua Health Institute.
This study aims to analyze the relationship between patient satisfaction based on responsiveness, assurance, reliability, empathy and tangiable variables with the quality of service in the eye polyclinic, outpatient installation of dr. Tengku Mansyur, Tanjungbalai City. The population of this study were the patients of the Eye Polyclinic, Outpatient Installation of RSUD dr. Tengku Mansyur, Tanjungbalai City as many as 253 respondents. The method used in this study was analyzed by means of the Chi-Square correlation test. The results of the research on the responsiveness variable showed that the level of responsiveness of Human Resources was 99.6%. For the assurance variable obtained 98.0%. For the reliability variable obtained 98.0%. For the empathy variable, it was obtained 93.7%. For the tangiable variable, it was obtained 90.5%. Based on research conducted from all variables, the service results are very good with a satisfaction level of 88.9%. So it can be concluded that there is a relationship between the variable responsiveness, assurance, reliability, empathy and tangiability with patient satisfaction in the Eye Polyclinic Outpatient Hospital dr. Tengku Mansyur, Tanjungbalai City in 2020.
References
Atmadjati, Arista. 2013. Layanan Prima dalam Praktik Saat Ini, Yogyakarta: CV Budi Utama.
Afnuhazi, Ridhyallah. 2015. Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan Jiwa.Yogyakarta: Gosyen Publishing
Budiarto, Eko. 2002. Biostatistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Bustami, 2011.Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Danang Sunyoto, 2015.Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service
Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2016 Pengertian Rumah Sakit
Donni Junni Priansa, 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer.Bandung: Alfabeta
Hidayat, A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika.
Hamidiyah, A. (2013). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang di Klinik Umum Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25898/1/AZIZA TUL HAMIDIYAH-fkik.pdf
Henny, S. (2017). Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Klinik Spog Dr Pringadi Medan Tahun 2016. UIN Syari.Hidayatullah. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/35904/1/Sri Henny-FKIK.pdf
Habibi, A., Hakim, F., & Azizi, F. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang.
Keputusan Presiden Republik Indonesia, 2009. Undang-undang Republik Indonesia No.44 Rumah Sakit, Jakarta
Muninjaya, A.A .Gde, 2005, Manajemen Kesehatan, EGC, Jakarta
Murdani, Eti. 2007. Pengembangan Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Jalan Untuk Mendukung Evaluasi Pelayanan di RSU Bina Kasih Ambarawa.Tesis FKM Universitas Diponegoro. Semarang.
Muninjaya, Gde. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Noviyanti, Arista. 2012. Hubungan Antara Beberapa Faktor Dengan Kepuasan Pasien Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Balai Pengobatan Umum di Puskesmas Pecangaan Kabupaten Jepara. Skripsi di publikasikan oleh Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Nasution, H. N. (2013). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap Non Obstetri dan Ginekologi Di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Sumatera Utara. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/37086.
Pohan, I.S. 2015. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Pajow, R. V. M., Mandagi, C. K. F., Rumayar, A. A., Masyarakat, F. K., & Ratulangi, U. S. (2017). Hubugan antara Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Minat Pemanfaatan Kembali di Puskesmas Sonder. Kesmas, 1–10. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/23022
Permana, M. A. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan KesehatanTerhadap Minat Kunjungan UlangPasien ke Puskesmas Kota Medan. Universitas Sumatera Utara. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/10346/141301061. pdf?sequence=1&isAllowed=y
Reyza. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Umum pada Rumah Sakit Daerah Madani Provinsi Sulawesi Tengah.Jurnal Katalogis, 5(9), 22–32. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/viewFile/9708/ 770
Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sastroasmoro, Prof.Dr.Sudigdo dan Ismail, Prof.Dr.Sofyan, 2011.Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi ke-4. Jakarta: Sagung Seto
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Sugesti, Endah. 2013. Hubungan Persepsi Pasien Rawat Jalan Tentang Mutu Pelayanan Dokter Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Salatiga Tahun 2013. Skripsi dipublikasikan oleh Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Setyo, Purnomo Edwin, 2017, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis,
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Utama, Puspa Yudha, Apriatni E.P., dan Sari Listyorini.2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Dilihat Dari Dimensi Kualitas Pelayanan. Diponegoro Journal of Social And Politic Tahun 2013