HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM SEMBIRING KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2018
Keywords:
Service Quality, Patient Satisfaction, Health BPJS
Abstract
Quality of service is a form of assessment consumer (patient) againt the level of service that is accepted by the expected service levels. This reseach aims to know the relationship of quality health services to the satisfaction of patient use of Social Health Care Assurance.On the services related to physical evidence of service, reliability of service, responsiveness of service, service assurance and caring service at public hospital sembiring sub district Deli Tua, Deli Serdang District. The design of this research uses explanatory approach to survey with the total population in the year 2018 as many as 509 and sample as many as 96 respondents who specified with proportional random sampling technique with conduct interviews using questionnaire. Data of bivariate analysis use chi-square test statistic with significance level p≤0,05. The results showed that there was a significant correlation between service quality and patient satisfaction of Social Health Care Assurance where physical proof of service p (0,003) <α (0,05), service reliability p (0,005) <α (0,05), (0,010) <α (0,05), service assurance p (0,005) <α (0,05) and attention p (0,001) <α (0,05). For management of hospital the needs to develop information management system to further facilitate the service and rapid evaluation of hospital service needs.References
Agus Diman. S, 2015. Hubungan Mutu pelayanan BPJS kesehatan dengan Kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap Kelas III RSUD Sekayu Tahun 2015. Akademi Keperawatan Pemkab Banyuasin. Jurnal Naskah Publikasi Volume VIII
Arifah Umi, 2013., Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RawatJalan di Balai Besar Kesehatan Paru (BBKPM), tesis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Azwar.A 2007. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip LingkaranPemecahan Masalah. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Efendi & Makhfudli, 2015, Keperawatan Kesehatan Komunitas, Salemba Medika, Jakarta
Eny Kusliyah Astuti., 2004. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen, Surakarta : Jurnal Universitas Islam Balik Surakarta
Ida. A, 2014. Jurnal. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Wanggaya Denpasar. Universitas Udayana.1
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Indeks.
Muninjaya. 2011. Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC.
Murtiana Eka.,2016., Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kota Kendari, Skripsi, Kendari : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluolea
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pohan, Imbalo S, 2007, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, EGC, Jakarta
Profil RSUD Abunawas Kota Kendari Tahun 2015.
Rangkuti, Freddy, 2006, Measuring Customer Satisfaction, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sabarguna. B.S. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto
Saputra Dwi Agung, 2015., Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Tanggungan BPJS di Rumah Sakit Bethesda Yogjakarta, Surakarta : Jurnal Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah
Sulistyo Bambang Petrus., 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten, Skripsi, Surakarta : Program Studi S-1 Keperawatan STIKes Kesuma Husada
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Suryani, 2006. Komunikasi Terapeutik, Aplikasi dan Teori. EGC. Jakarta
Trans Info Medika.Syafrudin, dkk. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Untuk Bidan. Jakarta:
Undang-Undang RI. Nomor. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Biro Hukum Departemen Kesehatan RI, Jakarta
Widyasih. E, 2014. Jurnal. Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan BPJS di RS Kendal. Universitas Indonesia
Zaeni Asyhadie., 2007. Aspek – Aspek Hukum Jaminan Tenaga Kerja di Indonesia,Mataram: Rajawali Pers
Arifah Umi, 2013., Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RawatJalan di Balai Besar Kesehatan Paru (BBKPM), tesis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Azwar.A 2007. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip LingkaranPemecahan Masalah. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Efendi & Makhfudli, 2015, Keperawatan Kesehatan Komunitas, Salemba Medika, Jakarta
Eny Kusliyah Astuti., 2004. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen, Surakarta : Jurnal Universitas Islam Balik Surakarta
Ida. A, 2014. Jurnal. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Wanggaya Denpasar. Universitas Udayana.1
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Indeks.
Muninjaya. 2011. Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC.
Murtiana Eka.,2016., Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kota Kendari, Skripsi, Kendari : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Haluolea
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pohan, Imbalo S, 2007, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, EGC, Jakarta
Profil RSUD Abunawas Kota Kendari Tahun 2015.
Rangkuti, Freddy, 2006, Measuring Customer Satisfaction, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Sabarguna. B.S. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto
Saputra Dwi Agung, 2015., Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Tanggungan BPJS di Rumah Sakit Bethesda Yogjakarta, Surakarta : Jurnal Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah
Sulistyo Bambang Petrus., 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten, Skripsi, Surakarta : Program Studi S-1 Keperawatan STIKes Kesuma Husada
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Suryani, 2006. Komunikasi Terapeutik, Aplikasi dan Teori. EGC. Jakarta
Trans Info Medika.Syafrudin, dkk. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Untuk Bidan. Jakarta:
Undang-Undang RI. Nomor. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Biro Hukum Departemen Kesehatan RI, Jakarta
Widyasih. E, 2014. Jurnal. Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan BPJS di RS Kendal. Universitas Indonesia
Zaeni Asyhadie., 2007. Aspek – Aspek Hukum Jaminan Tenaga Kerja di Indonesia,Mataram: Rajawali Pers
Published
2020-04-30
Section
Articles