EDUKASI MASSAGE PUNGGUNG DAN KOMPRES HANGAT PAYUDARA TERHADAP PENINGKATAN KELANCARAN PRODUKSI ASI DI KLINIK WIRNATA KECAMATAN MEDAN SUNGGAL

  • Kristin - Natalia Institut Kesehatan DELI HUSADA Deli Tua
  • Vitrilina Hutabarat
  • Mutiara Dwi Yanti
  • Stefani Anastasia Sitepu
  • Megawati Sinambela
Keywords: Pijat punggung, Kompres hangat payudara, Produksi ASI

Abstract

Menyusui adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada wanita. Karena ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi, terutama pada usia 0-6 bulan. Dengan pemberian ASI eksklusif, ibu harus mendapatkan makanan yang bergizi dan berprotein karena akan mempengaruhi ASInya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas pijat punggung dan kompres hangat payudara untuk meningkatkan kelancaran produksi ASI di Klinik Wirnata Kecamatan Medan Sunggal. Penelitian ini menggunakan Pre and Post Test Control Two Group Desigh yaitu untuk mengetahui perbedaan efektivitas pijat punggung dan kompres hangat payudara sebelum dan sesudah diberikan. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 responden dan semuanya dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan Uji McNemar. Hasil edukasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas pijat punggung terhadap peningkatan kelancaran produksi ASI di Klinik Wirnata Kecamatan Medan Sunggal dengan p-value = 0,008 < (0,05) dan kompres hangat payudara terhadap peningkatan kelancaran ASI produksi di Klinik Wirnata Kecamatan Medan Sunggal dengan nilai p-value = 0,016 < (0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan efektivitas pijat punggung dan kompres hangat payudara terhadap peningkatan kelancaran produksi ASI di Klinik Wirnata Kecamatan Medan Sunggal. Disarankan kepada Klinik Wirnata untuk dijadikan referensi tentang manfaat pijat punggung dan kompres hangat payudara untuk meningkatkan kelancaran produksi ASI.

References

Cadwell. 2018 Manajemen Laktasi. Jakarta: IDAI
Dinkes Sumatera Utara. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Medan: Dinkes Sumatera Utara. 2016;
Intarti, Savitri. 2014. Konsep dan Penatalaksanaan Nyeri. Jakarta: EGC.
Mohammadpour et al. 2017. Cara Mengelola ASI EKSLUSIF Bagi Ibu Bekerja. Yogyakarta: Gosyen.
Nurhanifah F. Perbedaan Efektifitas Massage Punggung dan Kompres Hangat Payudara terhadap Peningkatan Kelancaran Produksi Asi di Desa Majang Tengah Wilayah Kerja Puskesmas Pamotan Dampit Malang. Jurnal Keperawatan, ISSN 2 08 6 -3 07 1 (2013).
Putra, Sitiatava Rizema. 2016. Cara Mudah Melahirkan dengan Hynobirthing. Yogyakarta : Laksana
Riksani. 2016. Asuhan Kebidanan Pada Ibu Masa Nifas. Jakarta: CV. Trans Info Media; 2018.
Sayono, Macheasy. Efektivitas Massage Endorphinedan Kompres Air Hangat terhadap Kecukupan Asi Bayi Pada Ibu Postpartumdi Puskesmas Ngaringan Purwodadi. Universitas Muhammadiyah Semarang (2017).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukhe at al. 2015. Asuhan kebidanan Pada Masa Nifas dan Menyusui. Jakarta Selatan: Salemba Medika
Published
2022-06-30