PENINGKATAN PENGETAHUAN ASI EKSLUSIF SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN CAKUPAN ASI EKSLUSIF

  • Rosmalia Kamil STIKes brebes
  • Nur Hidayah STIKes brebes
Keywords: Pengetahuan, ASI Ekslusif

Abstract

Abstrak

Penyuluhan merupakan kegiatan dalam memberikan serta meningkatkan pengetahuan, sikap, kelompok maupun masyarakat untuk meningkatkan kesehatan. Penyuluhan tentang ASI Ekslusif pada ibu yang mempunyai Bayi Dua Tahun (BADUTA) dapat memberikan pengetahuan lebih tentang ASI agar dapat memberikan gizi pada bayi serta cakupan ASI Ekslusif bisa mencapai target 82%. Pengetahuan ini mempengaruhi ibu menyusui saja. Ibu yang berpengetahuan baik hanya akan menyusui bayinya, dan ibu yang berpengetahuan kurang rentan terhadap iklan susu, jadi ibu lebih tertarik membeli susu bubuk daripada hanya menyusui bayinya. Metode dalam pelaksanaan IbM dengan metode ceramah dan diskusi, dengan menggunakan powerpoint dan leaflet. Adapun luaran yang diperoleh yaitu meningkatnya pengetahuan dan kesadaran ibu yang mempunyai Bayi Dua Tahun (BADUTA)tentang ASI Ekslusif di Desa Kendawa.

References

Dinas Kesehatan Brebes. 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Brebes Tahun 2019. Brebes: Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.
Februhartanty, Judhiastuty (2008). Strategic Roles Of Fathers in OptimizingBreastfeeding Practics; A Study in an Urban Jakarta (http://www.gizi.net/makalah/download/Summary-Eng-Indo-Yudhi.pdf).
Ojong, N. I. 2015. Factors Influencing the Practice of Exclusive Breastfeeding among Mothers in Tertiary Health Facilities in Calabar, Cross River State, Nigeria. American Journal of Nursing Science. 4(1): 16-21.
Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta
Roesli. U. 2015. Mengenal Asi Ekslusif. Jakarta: Trubus
Sulistianingsih A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Nutrisi dengan Anemia pada Kehamilan Berdasarkan Information Motivation Behavior Skill (IMB) Model.1st ed. Lampung: Rumah kayu
Pustaka Utama, 2020.
Published
2022-03-31