PENYULUHAN TENTANG PEMANFAATAN DAUN SIRIH MERAH TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA SAAT NIFAS

  • Nurul Aini Siagian Institut Kesehatan Deli Husada Delitua
  • Mutiara Dwi Yanti Prodi Kebidanan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • G.F. Gustina Siregar Prodi Kebidanan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Andayani Boang Manalu Prodi Kebidanan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Vitrilina Hutabarat Prodi Kebidanan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
Keywords: Penyuluhan, Daun Sirih Merah, Luka Perineum

Abstract

Luka perineum merupakan suatu perlukaan yang terjadi pada perineum ibu yang diakibatkan oleh beberapa factor pada saat proses persalinan. Angka kejadian luka perineum masih cukup banyak dijumpai diaerah-daerah. Selama ini masyarakat banyak menggunakan obat –obat tradisional dalam penyembuhan berbagai masalah kesehatan yang beberapa sudah dibuktikan secara emfiris melalui penelitian. Masih tingginya kekhawatiran masyarakat dalam penggunaan obat-obat farmakologi yang berbahan dasar kimia, sehingga perlu penyuluhan tentang pengobatan non farmakologi dara tanaman yang biasa ditemui di lingkungan masyarakat. Salah satu pengobatan tradisional non farmakologi unutk penyembuhan luka perineum yaitu dengan memanfaaftkan tanaman daun sirih merah untuk penyembuhan luka perineum. Tujuan dalam pelaksaan penyuluhan ini yaitu untuk memberitahukan ibu-ibu nifas tentang pemanfaatan pemberian daun sirih merah terhadap penyembuhan luka perineum. Penyuluhan ini dilakukan dengan metode sosialiasi dan pembibingan langsung dalam pembuatan seduhan daun sirih merah. Hasil dari kegiatan ini yaitu ibu-ibu nifas dapat mengetahui dan memanfaatkan tanaman tradisional seperti  daun sirih merah dan dapat mengaplikasikan langsung untuk penyembuhan luka pada perineum.

References

Anggeriani, R. and Lamdayani, R. (2018) ‘Efektifitas Pemberian Air Daun Sirih (Piper Betle L) Terhadap Kecepatan Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Post Partum’, Akademi Kebidanan Abdurahman Palembang, 9, pp. 80–87.
Anwar, A. (2018) ‘Paradigma Sosialisasi Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak’, Komunida : Media Komunikasi Dan Dakwah, 8(2), pp. 155–167. doi: 10.35905/komunida.v8i2.631.
Damarini, S. (2013) ‘Efektivitas Sirih Merah dalam Perawatan Luka Perineum di Bidan Praktik Mandiri The Effectiveness of Red Betel in Healing Perineal Wound in Independent’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 8(03), pp. 39–44.
Manuaba (2012) Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan dan KB. Jakarta: EGC.
N. Siagian, E. Sriwahyuni, P.Ariani, A. M. (2020) ‘The Effect of Giving Red Betel Leaves ( Piper Crocatum ) on Healing of Perineum Woes in Postpartum Women in Desa Tanjung Jati Kecamatan’, Jurnal Kesehatan Komunitas, 6(November), pp. 255–259.
R, F. et al. (2009) ‘Manfaat Sirih Merah (Piper Crocatum)sebagai Agen Anti Bakterial Terhadap Bakteri Gram Positif Dan Bakteri Gram Negatif’, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 1(1), pp. 12–20.
Published
2021-03-31