Edukasi Tentang Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua

Edukasi Tentang Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua

  • dr. Khairul - Anwar Institut Kesehatan Deli Husada
  • Sri Sudewi Pratiwi Sitio Institut Kesehatan Deli Husada
Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien, Rumah Sakit.

Abstract

Loyalitas pasien merupakan sikap pasien yang menggambarkan kesetiaan terhadap pelayanan untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan secara berulang-ulang dalam memenuhi kebutuhan pelayanan medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan loyalitas pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua. atas jasa yang disediakan rumah sakit didasarkan pada ketertarikan pasien atas jasa yang disediakan rumah sakit yang dihubungkan secara silang menyilang dengan pola penggunaan jasa secara berulang. Adapun keberadaan pasien yang mempunyai sikap dan sifat loyal, mereka tidak hanya bersedia menggunakan jasa ketika pasien tersebut sakit, tetapi kesediaannya untuk menyarankan produk atau jasa tersebut kepada orang lain, teman, atau saudara, dan anggota keluarga serta kolega mereka. Keuntungan loyalitas bersifat jangka panjang dan komulatif, yaitu meningkatnya loyalitas pasien dapat menyebabkan sumber pendapatan atau keuntungan yang lebih meningkat, retensi pegawai yang lebih tinggi, dan basis keuangan yang lebih stabil, suatu rumah sakit untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan guna memberikan persepsi yang baik kepada pasien guna meningkatkan loyalitas pasien dalam memanfaatkan kesehatan. pelayanan di Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua.

References

Alfinuan sari. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam pada RSUD H. Abdul Moelok Provinsi Lampung’.
Andi Maulanan and Nurul Aisiyah Rizal “ Relationship Of Quality Health Service Towards Loyalty Of Patient at Bhayangkara Hospital Kendari” Miracle Journal of Public Health 4. No 1 (June 28, 2021) 113 – 122
Budiharto, (2020). ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di RSUD dr. Abdoer Situbondo’.
Departemen Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes RI, 2007.
Fatima et. Al. 2018 . ‘Hospital Healthcare Service Quality, Patient Satisfaction and Loyalty: An Investigation in cntext of Private Healthcare System of Pakistan’, International jurnal of quality and reability Management, Emerald Group Publishing Limited.
Fattah, A (2016). ‘Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti Khadijah Makasar Tahun 2016’. Uin Alaudin Makasar.
Hardiansyah, 2018. Kualitas Pelayanan publik. Yogyakarta. Penerbit Gavamedia.
Hariyanti, S. (2019). ‘Faktor – Faktor Yang Berhubungan dengan Loyalitas Pasien Umum Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Haji Makassar’.
Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung : Alfabeta, 2017.
Iqbalsalahudin, (2020). ‘Kualitas Pelayanan RSUD Ahmad Ripin Kabupaten Muara Jambi Terhadap Pasien BPJS’.
Maya Amelia. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit USU’.
Nadaek, J. (2019). ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening’(Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap di RSUD H. Adam Malik Medan).
Novandy, M, Rastini, N. (2018). ‘Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan’. E – Jurnal Manajemen 7(1), 412 – 440. Doi : 10.24843/Ej Munud. 2018. V7. I 01. P16.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No 3 Tahun 2020. Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No 30 Tahun 2019. Tentang Rumah Sakit.
Rikomah, SE Farmasi Rumah Sakit. Yogyakarta : Deepublish 2017.
Robot, R. P (2018) ‘Aplikasi Manajemen Rawat Inap dan Rawat Jalan di Rumah Sakit’. Jurnal Teknik Informatika Vol 13 No 4, 2018.
Rofiah, N. (2019) ‘Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Ranteng Kecamatan Medan Petisah’.

Supartiningsih, S. (2017). ‘Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah
Sakit : Kasus Pada Pasien Rawat Jalan’. Mediceoticolegal dan Manajemen Rumah Sakit
Wulaisfan. R (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Sebagai Mediasi Pasien Rawat Inap di RSU Dewi Sartika Kendari’ Jurnal Kesehatan Vol.2 No. 2 (April 2019)
Published
2024-04-04