SOSIALISASI DAN EDUKASI PEMANFAATAN TANAMAN HERBAL SEBAGAI MINUMAN KEKINIAN PENGGANTI MINUMAN KEMASAN DI SMA N 1 PERCUT SEI TUAN

SOSIALISASI DAN EDUKASI PEMANFAATAN TANAMAN HERBAL SEBAGAI MINUMAN KEKINIAN PENGGANTI MINUMAN KEMASAN DI SMA N 1 PERCUT SEI TUAN

  • Zola Efa Harnis Farmasi
  • Jhan Saberlan Saberlan Fakultas Farmasi Institut Kesehatan Delihusada Delitua
  • Dian Facrunisa Farcrunisa Fakultas Farmasi Institut Kesehatan Delihusada Delitua
Keywords: Edukasi,Tanaman Herbal, Minuman Herbal.

Abstract

Tanaman herbal telah diidentifikasi dan dikenal memiliki senyawa yang membantu manusia melakukan fungsi biologis tertentu, seperti mencegah, menyembuhkan, dan merawat tubuh dari beberapa penyakit. Jahe, lemon, dan sereh adalah tanaman yang banyak terdapat dilingkungan sekitar kita. Tanaman herbal ini biasa dijadikan sebagai bumbu masak. Selain itu, tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat dan dapat menggantikan minuman kemasan. Jahe bermanfaat sebagai pengatur dan antioksidan, dan karbohidrat, serat, protein, sodium, potasium, dan vitamin B6 juga termasuk  zat besi (Fe) selain membantu ibu hamil menghasilkan sel darah merah, melindungi sistem pencernaan, dan serat meningkatkan kepadatan feses, mencegah kanker usus besar, dan menurunkan kadar lemak dalam darah. Sereh mengandung senyawa fenolik, serta mineral penting untuk tubuh seperti kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, dan besi. Lemon memiliki banyak manfaat farmakologi, termasuk sifat antimikroba, antidiare, anti nyamuk, anti jamur, dan anti mutagenik. Perasan air lemon dapat digunakan untuk mengobati flu, hipertensi, dan siklus menstruasi wanita yang tidak teratur. Ketiga tanaman ini bila dikombinasi memiliki manfaat  yang sangat banyak sehingga sangat baik dikonsumsi segala usia. Remaja merupakan salah satu kelompok usia yang sering mengkonsumsi minuman kemasan yang sejauh ini diketahui memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan eduksi kepada masyarakat khususnya siswa/i SMAN 1 Percut Sei Tuan akan manfaat tanaman herbal tersebut dan bagaimana cara pengolahannya agar dapat dikonsumsi sebagai pengganti minuman kemasan. Dari kegiatan ini diharapkan siswa/i dapat terbiasa dengan minuman yang berasal dari tanaman herbal dan dapat mengurangi minuman kemasan.

 

References

Aisyah, dkk. (2022). 6 Khasiat Rebusan Air Jahe Campur Sera dan Jeruk Nipis, Kolesterol Langsung Kabur. Diakses 4 Desember 2023. https://m.jpnn.com/news/6-khasiat-rebusan-ar-jahe-campur-sera-dan-jeruk-nipis-kolesterol-langsung-kabur
Fahria, Sariatul. (2022). Konsumsi Minuman Manis Kemasan Pada Mahasiswa Prodi Gizi Universitas Negeri Surabaya. 2 (2) : 95-99.
Gazali, A., Surbakti, C, I., dan Antonius. (2021). Pelatihan Masyarakat Akan Pemanfaatan Rempah-Rempah Sebaga Minuman Herbal Untuk Meningkatkan Daya Tahan. Jurnal Abdimas Mutiara. 2 (1) : 382-386.
Harnis, Z. dkk. (2022). ). Edukasi Manfaat Umbi Dahlia ( Dahlia Variabilis ) Sebaga MaskerUntuk Melembabkan Kulit Dan Mengatasi JerawatDi Sma Negeri 1 Delitua. 3 (2) : 40-42.
Juariah, Siti., dkk. (2021). Uji Efektivitas Ekstrak Daun Sera (Cymbopogon Citratus L) Terhadap Pertumbuhan Streptococcus Mutans Secara In Vitro. 4 (1) : 63-73.
Listiorini. 2019. Yuk, Coban 5 Minuman yang Lagi Hits dan Kekinian di 2020 Ini. diakses 25November 2023. https://bacaterus.com/minuman-yang-lagi-hits/
Najmah, dkk. (2021). Aktivitas Antioksidan, Inhibisi α-Glukosidase dari Daun Sereh Wangi (Cymbopogon nardus (L.) Rendle dan Identifikasi Senyawa Aktif. 8 (1) : 24-36.
Sari, Dewi., Anas, Nasuha,. (2021). Kandungan Zat Gizi, Fitokimia, dan Aktivitas Farmakologis pada Jahe (Zingiber officinale Rosc.): Review. 1 (2) : 11-18.
Shiyan, Shaum,. dkk. (2022). Narative Review: Profil Fitokimia Dan Potensi Farmakologi Citrus limon. 7 (2) : 34-48.
Soyata, Amelia,. dkk. (2022). Pemanfaatan Tanaman Jahe,Kunyit ,Sera Serta Daun Salam Untuk Pemeliharaan Kesehatan Di Rt 01 Kelurahan Solok Sipin Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. 5 (4) : 1223-1228.
Widyantari, S, S. (2020). Formulasi Minuman Fungsional Terhadap Aktivitas Antioksidan. Jurnal Widya Kesehatan. 2 (1) :22-29.
Published
2024-01-10