SAKU SEHAT MILENIAL : EDUKASI PEMANFAATAN PARE (Momordica charantia L.) DAN BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) DALAM MENGOBATI DIABETES DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AL-WASHLIYAH 30 BINJAI

  • Anggun Syafitri Institut Kesehatan Deli Husada
  • Sofia Rahmi Institut Kesehatan Deli Husada
  • Silmi Hayati Institut Kesehatan Deli Husada
  • Agnes Clara Tamba Institut Kesehatan Deli Husada
  • Lidia Klorida Br Barus Institut Kesehatan Deli Husada
Keywords: Edukasi, Buah Pare, Bunga Rosella, Antidiabetes

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolik yang disebabkan oleh gagalnya organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin secara memadai. Terapi farmakologi diabetes melitus saat ini masih terbatas pada penggunaan obat-obatan seperti hipoglikemik oral (OHO) dan masyarakat yang menderita diabetes sebagian besar melakukan swamedikasi dengan obat tradisonal yang digunakan bersamaan dengan obat antidiabetes sintesis. Salah satu contoh tanaman yang dapat menurunkan kadar glukosa darah adalah buah pare dan bunga rosella yang memiliki kandungan flavonoid untuk menurunkan glukosa darah dengan cara meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin dan merangsang pelepasan insulin pada sel β pancreas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa  Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah tentang obat antidiabetes yang berasal dari bahan alam yaitu buah pare dan bunga rosella. Setelah mengikuti kegiatan ini peserta memiliki pengetahuan yang baru tentang cara pengolahan bahan alam seperti buah pare dan bunga rosella sebagai terapi pengobatan diabetes melitus yang aman dan efektif.

References

IDF. (2017). IDF Diabetes Atlas Eight Edition. Infodatin. (2013). Situasi dan Analisis Diabetes.
IDF. (2019). IDF DIABETES ATLAS (9th ed.). BELGIUM: International Diabetes federation. Retrieved from https://www.diabetesatlas.org/en/resources/
Kemenkes RI. (2020). Infodatin 2020 Diabetes Melitus Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI
PERKENI. (2015). Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 diIndonesia. PERKENI. Jakarta
Rahmawati, Dewi, Rina Fitriani. (2016). Analisis Penggunaan Obat Herbal Pada Pasien Diabetes Mellitus Di RSUD A.W Sjahranie Samarinda. Samarinda: Jurnal Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman. Hal: 160-163.
Syafitri, Anggun, dkk. (2022). Uji Efektivitas Antidiabetes Kombinasi Ekstrak Buah Pare (Momordica charantia L.) Dan Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) Pada Tikus Jantan Putih Sebagai Hewan Percobaan. Fakultas Farmasi Institut Kesehatan Deli Husada: Jurnal Farmasi dan Herbal. Vol-4 (2).
Published
2024-01-10