PENERAPAN SENAM LANSIA TERHADAP KETIDAKNYAMANAN PADA IBU MENOPAUSE DI DUSUN IV RAHAYU DESA SIDODADI TAHUN 2023

  • Nurul Aini Siagian Institut Kesehatan Deli Husada Delitua
  • Husna Sari Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Mutiara Dwi Yanti Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Mutiara Dwi Yanti Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Tetty Junita Purba Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Peny Ariani Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Putri Ayu Yessie Ariescha Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
Keywords: ketidaknyamanan, lansia, senam

Abstract

Masa menopause merupakan masa berkurangnya hormone esterogen dan progesterone. Dan perubahan yang terjadi pada masa kini fisik maupun fisikis kecemasan sering dihubungkan karena adanya ketidaknyamanan dalam menghadapi suatu situasi yang sebelumnya tidak pernah di alami. Beberapa orang mamilih pengobatan alternatif untuk mengibati ketidaknyamanan menopause. Salah satunya adalah dengan terapi komplementeryang diterima kalangan medis sebagai pengobatan ketidaknyamanan pada masa menopause. Terapi komplementer yang digunakan adalah seaman lansia yang sudah terbukti dapat mengurangi ketidaknyamanan pada masa menopause. kegiatan ini berlangsung pada tanggal 12 Maret 2023 di Dusun Iv Rahayu Desa sidodadi kecamatan Biru-biru. Tujuan dari acara ini adalah untuk menganalisis pengaruh senam lansia terhadap ketidaknyamanan pada ibu menopause. Responden 30 ibu menopause mengikuti acara tersebut. Dan memberikan questioner kepada ibu menopause sebelum dan sesudah mengikuti senam lansia. Hasil dari pengabdian masyarakat ini bahwa 85% dari 30 ibu menopause menambah pengetahuan mereka tentang manfaat seanm lansia terhadap ketidaknyamanan pada masa menopause.

References

Boedi Darmoja. (2011). Geriatri (Ilmu Kesehatan Geriatri). Jakarta: Universitas Kedokteran Indonesia.
Brunner & Sadart. (2013). perawatan bedah. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.
Brunner & Sadart. (2014). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.
Deherba (2017). Hubungan antara hipertensi dan menopause. Diambil dari https://www.deherba.com/hypertension-danmenopause.html
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (1998). Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 1998 tentang Perawatan Lansia.
Direktur Kementerian Pendidikan dan Olahraga Nasional. (2002). Instruksi untuk melakukan latihan senam lansia. Kemepora: Kemendiknas, Direktorat Jenderal Olahraga.
Feri, Ana. (2008). RW 04 Giwangan Umbulharjo VII Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan lansia dalam berolahraga pada lansia di Yogyakarta. kertas. Yogyakarta: Bachelor of Science Program Keperawatan dari Surya College of Global Health Sciences.
Fatmawati, siti. (2004). Pengaruh senam arkais terhadap perubahan tanda dan gejala proses degeneratif di daerah Kauman Gupasan Gondmanan Yogyakarta. kertas. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Pertiwi, S.W.P. (2020). Tahun ini, lansia mencapai 10,6% dari populasi Indonesia. media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/346598/tahun-ini-nomor-lansia-106-dari-populasi-indonesia
Susnitiari, S.M.N.N. (2018). Pengaruh senam aerobik low-impact terhadap pengurangan komplikasi pada wanita premenopause, Puskesmas Merdeka Bogor, 2016. Jurnal Kebidanan, IV(1).
Sulistyowati, ET (2020). Asrama Polisi Pingit meningkatkan kualitas hidup lansia melalui anjuran senam lansia dan pola makan sehat bagi lansia. Majalah Pengabdian http://jurnal.poltekkeshjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/387
Wlandari, S.T. dan Marliana, Y. (2019). Olahraga pada lansia memengaruhi tekanan darah pada wanita pascamenopause. Majalah Kesehatan Prima, 13(1), 18. https://doi.org/10.32807/jkp.v13i1.216
Published
2023-10-06