E EDUKASI CARA MEMILIH KOSMETIKA YANG AMAN DAN SEHAT BAGI SISWA SMK AL-WASHLIYAH 3 MEDAN

-

  • Sofia - Rahmi Farmasi deli Husada Deli Tua
Keywords: SMK AL-Washliyah 3 Medan, Siswa, Kosmetik, Aman, Sehat

Abstract

SMK Al-Washliyah 3 Medan merupakan sekolah kejuruan swasta yang memiliki banyak siswa, terutama siswa perempuan. Sebagian besar siswa SMK ini sering menggunakan kosmetik untuk mempercantik diri. Namun, mereka tidak memahami kriteria kosmetik yang aman dan sehat. Tim Pengabdian Fakultas Farmasi Institut Kesehatan Deli Husada menyadari pentingnya kesehatan kulit bagi mahasiswa bekerja sama dengan tim Fakultas Farmasi dan Kedokteran yang berupaya mengedukasi tentang pentingnya memilih produk yang tepat, aman dan sehat. Kosmetik sehingga dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya. Tujuan dari kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah untuk memberikan pelatihan cara memilih kosmetik yang aman dan sehat khususnya bagi siswa SMK Al-Washliyah 3 Medan. Manfaat dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagai bahan pembinaan bagi tim pengabdian untuk mewujudkan potensi yang dimilikinya, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Khasiatnya menambah pengetahuan siswa, namun khususnya siswa SMK Al-Washliyah 3 Medan dapat memilih kosmetik yang aman dan sehat untuk diri sendiri serta terhindar dari masalah kulit. Kegiatan dilakukan dengan survey pendahuluan yang ditujukan persepsi siswa tentang kosmetik. Langkah selanjutnya adalah mengajarkan siswa cara memilih kosmetik yang aman dan sehat serta menggunakan kosmetik yang sesuai dengan usia. Para siswa sangat senang dengan temuan ini. 

References

Badan POM. (2020). Sertifikasi Sarana Kosmetika. Jakarta: Direktorat Pengawasan Kosmetik-Badan Pengawas Obat dan Makanan.
Cho, S., Sohee, O., Nack, I., and Young, S. (2017). Knowledge and Behavior Regarding Cosmetics in Koreans Visiting Dermatology Clinics. Ann Dermatology. 29(2): 180-186.
Irfani, F.N., dan Aryani, T. (2022). Edukasi Penggunaan Kosmetik yang Aman Bagi Remaja dan Pemudi Dusun Wonorejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Jurnal Abdi Masyarakat. 1(1): 26-33.
Kuntari, T. (2009). Kosmetika Sehat dan Konsep Kecantikan Seorang Wanita. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.
Lukito, P.K. (2021). Cerdas Mmeilih dan Menggunakan Kosmetika yang Aman. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Masayarakat dan Pelaku Usaha Bidang Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik.
Nurhan, A.D., Muafa, T., dan Rizki, N. (2017). Pengetahuan Ibu-Ibu Mengenai Kosmetik yang Aman dan bebas dari Kandungan Bahan Kimia Berbahaya. Jurnal Farmasi Komunitas. 4(10: 15-19.
Pangaribuan, L. (2017). Efek Samping Kosmetika dan Penanganannya Bagi Kaum Perempuan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. 15(2): 1-12.
Pinasti, U., Harimurti, S., Maziyyah, N., dan Febriansyah, R. (2017). Edukasi Tentang Kosmetik yang Aman Bagi Remaja di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta dalam Rangka International Pharmacy Summer School 2017. Yogyakarta: Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiayah.
Tranggono, R.I., dan Latifah, F. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2023-07-02