PENGENALAN PROFESI APOTEKER DAN PEMANFAATAN DAUN SINGKONG SEBAGAI ANTI NYAMUK DI SMK AL-WASHLIYAH 3 MEDAN

  • Nina Irmayanti Harahap Institut Kesehatan Deli Husada
Keywords: Penyuluhan daun singkong, anti nyamuk

Abstract

Kegiatan Pengabdian dan Penyuluhan kepada Masyarakat merupakan salah satu dari bagian program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan. SMK Al-Washliyah 3 Medan yang terletak Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas Kota Medan merupakan tempat dilakukannya penyuluhan..Daun singkong diketahui memiliki kandungan metabolit sekunder berupa saponin, triterpenoid, tannin dan flavonoid yang berperan sebagai senyawa pertahanan bagi tumbuhan yang bersifat menghambat makan serangga dan juga bersifat toksik serta sianida yang menyebabkan kerusakan spirakel, yang mengakibatkan nyamuk tidak bisa bernafas dan akhirnya mati. Tujuan dari penyuluhan ini untuk memberikan penjelasan tentang Pengenalan profesi Apoteker dimana masih ada siswa/i yang belum bias membedakan profesi Apoteker denan tenaga kesehatan lainnya.  Kegiatan ini di sambut dengan antusias pihak sekolah dan Siswa/i karena dapat memberikan informasi dan dapat mengedukasi tentang pemanfaatan bahan alam yaitu duan singkong dapat dugunakan sebagai anti nyamuk yang diolah secara modern dalam bentuk sediaan spray yang  aman serta ramah lingkungan.

References

Faya Azjka, I. (2016). Uji Efektivitas Rendaman Daun Singkong (Manihot utilissima) Sebagai Insektisida Terhadap Nyamuk Aedes aegypti Dengan Metode Elektrik Cair. Vol 4. No 2.
Hariana, Arief. (2009), Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, Penebar Swadaya; Jakarta,Hal 111.
Monica, Brilliyanti., Febrian Mulyanto., dan Aulia Rahmi, . (2019). Penggunaan Obat Sejak Dini (Tanya Lima O) Kepada Siswa/i SMA Negeri 1 Sukamara. Jurnal Borneo Cendekia, 3(1),67-70. Nuraini, Dini Nuris. (2014). Aneka Daun Berkhasiat Untuk Obat. Yogyakarta : Gava Media.
Prabowo, Arian. (2004). Malaria mencegah dan mengatasinya. Jakarta: Puspa swara.
Subejo. (2010). Penyuluhan Pertanian Terjemahan Dari Agriculture. Extention (Edisi 2). Jakarta.
Sukmadinata, Syaodih Nana (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanti, Lulu dan Hasan Boesri. (2012). Toksisitas Biolarvasida Ekstrak Tembakau Dibandingkan Dengan Ekstrak Zodia Terhadap Jentik Vektor Demam Berdarah Dengue. Vol 40.No 2.
Published
2023-01-06