Open Access Policy

Proses Peer Review

 Reviewer menerima naskah double blind review dari editor bagian/sekretariat redaksi melalui situs jurnal ini atau melalui email.

  • Batas waktu efektif review naskah adalah 2 minggu (14 hari) sejak naskah diterima reviewer. Apabila waktu tersebut dianggap belum cukup, reviewer harus mengkonfirmasi editor bagian/sekretariat redaksi (disertai dengan alasan yang jelas). Waktu perpanjangan review naskah adalah 7 hari setelah pemberitahuan, diharapkan reviewer dapat bekerja dengan tepat waktu.
  • Reviewer memberikan penilaian naskah secara objektif dan jelas, baik dengan cara memberikan komentar/catatan langsung di tubuh naskah maupun melalui Form Checklist Review Naskah.
  • Reviewer memberikan rekomendasi hasil review naskah sebagai dasar pengambilan keputusan editor/editor bagian yang disampaikan ke penulis. Rekomendasi hasil review naskah mencakup: Accept Submission (naskah diterima); Revisions Required (naskah diterima dengan syarat harus direvisi penulis dan dikembalikan lagi ke reviewer); Resubmit for Review (naskah perlu direview oleh reviewer lain); Resubmit Elsewhere (naskah sebaiknya dikirim ke penerbit jurnal lain); Decline Submission (naskah ditolak); See Comments (lihat komentar).
  • Reviewer menyampaikan hasil penilaian review naskah ke editor/sekretariat redaksi. Komunikasi antara reviewer dengan penulis tidak dapat dilakukan secara langsung dan sebaliknya. Untuk itu, setiap ada revisi perbaikan naskah harus melalui editor bagian/sekretariat redaksi.

 

Peer Review Process

  1. Setiap artikel yang masuk akan diterima dan diperiksa oleh Editor in Chief. Artikel yang scope dan format penulisannya masih tidak sesuai dengan kriteria jurnal ini, maka akan ditolak tanpa masuk lebih lanjut pada proses manajemen review.
  2. Artikel yang sudah sesuai dengan kriteria jurnal akan diteruskan pada Section Editor untuk di proses lebih lanjut.
  3. Section Editor menerima artikel untuk diperiksa similaritas atau unsur-unsur plagiasi dengan menggunakan Turnitin.
  4. Jika hasil similaritas masih cukup besar (≥ 20%), artikel dikembalikan kepada penulis untuk direvisi kembali. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
  5. Editor Section memeriksa benar tidaknya revisi yang dilakukan oleh penulis. Jikalau sudah benar, Section Editor akan meneruskannya kepada tim reviewer.
  6. Editor Section akan menugaskan minimal dua reviewer tiap artikel, dengan kemungkinan langsung diterima/ diterima dengan sedikit revisi/ diterima dengan banyak revisi/ ditolak. Reviewer ketiga akan ditugaskan ketika terjadi kemungkinan diantara kedua reviewer memiliki keputusan yang berbeda.
  7. Proses Review menggunakan Double Blind Review, artinya reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
  8. Dalam proses review, reviewer melakukan kajian dan memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian antara judul, abstrak, metode, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah, teori referensi kekinian, dan hasil temuan.
  9. Hasil review dari kedua reviewer diterima oleh Section Editor untuk dikaji dan disampaikan kepada penulis, sebagai pertimbangan dan masukan untuk perbaikan.
  10. Penulis merevisi artikel sesuai dengan masukan dan saran dari kedua reviewer. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
  11. Editor in Chief bersama dengan Section Editor memproses artikel-artikel yang diterima untuk dilanjutkan ke tahap proses editing dan publishing.
  12. TIM tidak akan menggaransi atau menjanjikan keberterimaan suatu artikel atau proses review yang sangat singat kepada siapapun. Setiap artikel yang masuk, wajib mengikuti proses manajemen penerbitan artikel, dari mulai submit artikel sampai dengan artikel tersebut di publish.

Author Fees

Jurnal ini membebankan biaya pada penulis, yaitu:

Pengiriman Artikel: 0 (IDR)
Penulis TIDAK diharuskan membayar Biaya Pengiriman Artikel.

Biaya pemrosesan artikel (APC) / Biaya Publikasi Artikel: 300.000 (IDR)

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika tidak memungut biaya publikasi apapun pada penulis sampai penerbitan 2019. Mulai dari penerbitan 2020, untuk peningkatan layanan, jurnal ini membebankan biaya publikasi artikel untuk mendukung biaya akses penyebaran hasil penelitian secara terbuka, mengelola berbagai biaya yang terkait dengan penanganan dan pengeditan artikel yang dikirimkan, dan manajemen dan publikasi Jurnal secara umum, penulis luar ataupun penulis dari dalam institusi diminta untuk membayar biaya publikasi pada setiap artikel yang diterima. Biaya mencakup:

  • Batas standar banyaknya halaman yaitu maksimal 12 halaman.
  • Honor pada reviewer yang melakukan tugasnya.
  • Pendaftaran DOI untuk setiap artikel.
  • Pemeriksaan similaritas artikel oleh Turnitin; hasil akhir akan dikirim ke penulis.