ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN DI RSUD SIMEULUE TAHUN 2018

  • Erdiwan Erdiwan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Jon Piter Sinaga Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
  • Megawati Sinambela Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua
Keywords: Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan, BPJS

Abstract

Latar Belakang: BPJS Kesehatan merupakan sebuah badan penyelenggara jaminan sosial untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Tujuan: Penelitian bertujuan menganalisis faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta BPJS kesehatan di RSUD Simeulue tahun 2018. Metode: Jenis penelitian adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 96 orang. Analisis statistik menggunakan uji chi square pada IK 95% (p<0,05). Hasil: Hasil penelitian karekteristik responden untuk umur diketahui mayoritas pada kelompok umur 17-45 tahun (umur muda) sebanyak 62 orang (64,6%), sudah bekerja 60 orang (62,5%), dan berpendidikan tinggi 54 orang (56,2%). Tidak ada hubungan umur dan pekerjaan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di RSUD Simeulu (p>0,05). Ada hubungan pendidikan, ketersediaan tenaga kesehatan dan aksesibilitas dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di RSUD Simeulue (p<0,05). Kesimpulan: Kesimpulan ada hubungan pendidikan, ketersediaan tenaga kesehatan, dan aksesibilitas dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta BPJS kesehatan di RSUD Simeulue tahun 2018, sedangkan umur dan pekerjaan tidak berhubungan.

References

Alamsyah, D. 2011. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Dewi. 2017. Aplikasi Persebaran Peserta BPJS Kesehatan di Sumatera Utara Berbasis Pemetaan. Jurnal Sistem Informasi. Sekolah Tinggi Harapan Medan.
Ditjen PPPL, 2012. Petunjuk Teknis Tata Laksana Klinis Ko-Infeksi TB-HIV, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Karman, Sakka, A., Saptaputra, S. K., 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Pesisir di Desa Bungin Permai Kecamatan Tinanggea kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016.
Magan, H., Indar, Balqis, 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas Makale.
Masita, A., Yuniar, N., Lisnawaty, 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Masyarakat Desa Tanailandu di Wilayah Kerja Puskesmas Kanapa-Napa Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Tahun 2015.
Mega, 2016. Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Oleh Peserta Bpjs Di Kelurahan Muktiharjo Kidul Semarang Tahun 2016, Skripsi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Napirah, M.R, Rahman, A., Tony, A., 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso.
Notoatmodjo, 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Rabhina, 2011. Factor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Jamkesmas di wilayah Puskesmas Kota Jambi.
Rahman, A., 2006. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS Islam Tasikmalaya. Jakarta.
Rumenggan, D. S. S., Umboh, J. M. L., dan Kandou, G. D., 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS kesehatan Di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado.
Rustiana, E. R., 2005. Psikologi Kesehatan. Universitas Negeri Semarang Press. Semarang.

Safitri, R. N., 2011. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Niat untuk Memilih Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Bogor Medical Center tahun 2011.
Sampeluna, N., Balqis, Hamzah, A., 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja.
Tampi, J., Rumayar, A. A., Tucunan, A. A. T., 2015. Hubungan antara Pendidikan, Pendapatan dan Pekerjaan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Manembo-Nembo Bitung 2015.
Published
2020-04-30

Most read articles by the same author(s)