ANALISA BEBAN KERJA PERAWAT TERHADAP KEBUTUHAN PERAWAT DI RSUD. SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2021

  • Dede Kirena Tarigan DELI HUSADA
Keywords: Beban Kerja, Beban Kerja Perawat, Workload nursing analysis, WISN

Abstract

Beban kerja penting untuk di ketahui dalam mengevaluasi kebutuhan tenaga perawat di rumah sakit, serta sebagai dasar untuk menentukan kapasitas kerja perawat agar terdapat keseimbangan antara tenaga perawat dan beban kerja. Oleh karena itu penelitian ini sangat penting untuk dilakukan analisis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui beban kerja perawat terhadap kebutuhan perawat di RSUD Salak Kab. Pakpak Bharat.

Penelitian ini merupakan penggabungan metode deskriptif kualitatif kuantitatif. Metode kuantitatif menggunakan metode work sampling dan kemudian dilanjutkan dengan perhitungan WISN (Workload Indicator of Staf Need). Metode Kualitatif melalui wawancara mendalam yang bertujuan untuk memperkuat data-data yang telah didapatkan secara kuantitatif.

Hasil kegiatan keperawatan produktif langsung (34,7%), kegiatan keperawatan produktif tidak langsung (41,6%), dan kegiatan non produktif (23,7%) yang artinya beban kerja masih di kategorikan sedang. Berdasarkan metode perhitungan WISN, didapatkan hasil kebutuhan perawat di RSUD Salak Kab. Pakpak Bharat adalah sebanyak 61 orang, RSUD Salak Kab. Pakpak Bharat masih kekurangan 5 orang perawat.

Kesimpulan bahwa beban kerja perawat di RSUD Salak Kab. Pakpak Bharat berada pada kategori sedang. Untuk meminimalisir beban kerja yang berasal dari kegiatan produktif tidak langsung adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kerja.

Published
2022-10-31