ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN PADA PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM DI UNIT RAWAT INAP RSUD TUAN RONDAHAIM PAMATANG RAYA

  • Angge Ayune Aderia Saragih Institut Kesehatan DELIHUSADA Delitua
  • Elisabeth Dame Manalu Institut Kesehatan DELIHUSADA Delitua
  • Peny Ariani Institut Kesehatan DELIHUSADA Delitua
Keywords: Kualitas Pelayanan, BPJS, Umum

Abstract

Latar Belakang: Tingkat pelayanan yang berbeda dapat mempengaruhi kesehatan pasien, dengan itu pentingnya untuk melihat kualitas pelayanan rawat inap.

Tujuan: Menganalisis perbedaan kualitas pelayanan pada pasien BPJS dan pasien umum di Unit Rawat Inap RSUD Tuan Rondahaim Pamatang Raya.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian berjumlah 60 orang. Analisis statistik menggunakan uji t-independent pada taraf kepercayaan 95% (p<0,05).

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prosedur pelayanan (p= 0,000), sarana dan prasarana (p= 0,000), profesionalisme (p= 0,000), reputasi (p= 0,000), sikap (p= 0,000), keandalan (p= 0,000), perbaikan layanan (p= 0,000) dan kepuasan pasien (p= 0,000) pada pasien BPJS dan pasien umum di unit rawat inap RSUD Tuan Rondahaim Pamatang Raya.

Kesimpulan: ada perbedaan prosedur pelayanan, sarana dan prasarana  profesionalisme, reputasi, sikap, keandalan, perbaikan layanan dan kepuasan pasien pada pasien BPJS dan pasien umum di unit rawat inap RSUD Tuan Rondahaim Pamatang Raya

Published
2020-10-31