ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RENDAHNYA KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS BANDAR TINGGI KABUPATEN SIMALUNGUN

  • Evi Noperia Damanik Institut Kesehatan DELIHUSADA Delitua
  • Felix Kasim Institut Kesehatan DELIHUSADA Delitua
  • Nur Mala Sari Institut Kesehatan DELIHUSADA Delitua
Keywords: Kunjungan Ulang, Pasien Umum

Abstract

Latar Belakang: Rendahnya angka kunjungan ke Puskesmas dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari faktor masyarakat sebagai pengguna atau pun dari Puskesmas sebagai penyedia pelayanan kesehatan.

Tujuan: Menganalisis faktor yang berhubungan dengan rendahnya kunjungan ulang pasien umum di Unit Rawat Jalan Puskesmas Bandar Tinggi Kabupaten Simalungun.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 96 orang. Analisis statistik menggunakan uji chi square dan regresi logistik pada taraf kepercayaan 95% (p<0,05).

Hasil: Ada hubungan pelayanan administrasi (p= 0,000), pelayanan dokter (p= 0,000), pelayanan perawat/bidan (p= 0,000), ketersediaan fasilitas dan obat-obatan (p= 0,000), akses (p= 0,000), dan kenyamanan (p= 0,000) dengan kunjungan ulang pasien umum di unit rawat jalan Puskesmas Bandar Tinggi tahun 2020.

Kesimpulan: Pelayanan administrasi merupakan variabel paling dominan berhubungan dengan kunjungan ulang pasien umum dengan nilai B (4,153)

Published
2020-10-31